Pada artikel sebelumnya tentang barang yang wajib kamu bawa saat perjalanan mudik, kali ini kita mau bahas tentang, gimana supaya selama di kampung halaman tetap seru dan menyenangkan. Bagi beberapa orang, kampung halaman punya makna yang cukup mendalam, namun bagi mereka yang terlahir di kota perantauan karena orang tua memang bekerja di luar kampung halaman mungkin belum tentu menyenangkan ya…

Nah! Coba deh beberapa tips ini biar kunjungan ke kampung halaman (orang tua) tetap seru dan menyenangkan, berikut:

Pergi dan berbelanjalah di pasar tradisional setempat

Selama di kota besar mungkin kamu masih jarang untuk pergi ke pasar tradisional, selain karena kesibukan, kamu sudah terbiasa dengan yang instan-instan, terkesan nyaman berbalanja di ritel modern kan. Di setiap daerah pasti punya pasar tradisional dengan kekhasan dan ciri masing-masing daerah. Lingkungan yang amat jauh humanis akan dapat dilihat jelas ketika berada di pasar tradisional. Tradisi tawar-menawar yang tidak dimiliki oleh ritel modern dan saling sapa antar pedagang dan pembeli akan kita sering jumpai di pasar tradisional. Di pasar tradisinional biasanya kita juga bisa sekalian menikmati wisata kuliner khas lho…

Kunjungi destinasi wisata terdekat
Selain silaturahmi dengan keluarga di kampung halaman, mengunjungi destinasi bisa jadi agenda yang sangat menyenangkan saat berada di kampung halaman. Beragam destinasi yang unik bisa dikunjungi, pantai, laut atau pegunungan, tapi memang sih, di musim libur lebaran pengunjungnya pasti akan ramai.

Main ke Alun-alun
Setiap daerah bisanya juga punya alun-alun, itu lho, pusat kota dengan segala ramaiannya, di musim liburan panjang seperti libur lebaran nanti, biasanya di sana ada aktivitas atau kegiatan seperti pasar malam. Ada banyak pedagang dadakan dan juga hiburan pasar malam seperti komedi putar, kereta-keretaan.

Yang jelas, setiap daerah punya ciri dan khasnya masing-masing, libur lebaran adalah kesempatan kamu untuk eksplore kekayaan dan local content di sana. Jangan pernah meninggalkan kearifian lokal ya, contoh nih Tika Pagraky yang tetap melestarikan lagu Bali dan baru aja launching single perdananya, “Be Ngelah Pengganti”

ilustrasi:
cdn.theconversation.com/

2,526 total views, 1 views today

Tulis komentar kamu!

comments